Dollar Meroket, KAMMI Kuningan Demo

Sebagai bentuk keprihatinan atas kondisi ekonomi bangsa. Terutama merosotnya nilai tukar rupiah terhadap dollar. KAMMI Kuningan menyatakan sikap kepada presiden Jokowi.

image by kammi.or.id


Melalui rilisnya, Yogi Iskandar, Ketua Umum PD KAMMI Kuningan mengatakan bahwa kondisi rupiah yang semakin kritis. Ada dua poin penting yang yang disorotnya:

Pertama, Agustus kondisi rupiah terhadap dollar berada pada posisi tertinggi dalam lima tahun terakhir. Tercatat rupiah berada pada posisi 14.621 per dollar pada selasa 28/8 dan terus melemah setiap harinya.

Kedua, faktor lainnya yang menyebabkan rupiah melemah adalah defisitnya neraca perdagangan Indonesia.

Sedangkan pemerintah terus-menerus menyalahkan kondisi eksternal yang hanya membuat masyarakat kian ragu pemerintah dapat mengatasi pelemahan rupiah. Dampak dari melemahnya rupiah sangat terasa oleh masyarakat. Harga sembako akan semakin meningkat.

Apalagi kebutuhan pokok sangat bergantung pada impor. Hal ini juga akan berdampak pada meningkatnya lajur kemiskinan dengan tidak adanya peningkatan penghasilan bahkan sama sekali tidak mempunyai penghasilan akibat di PHK ataupun sulitnya lapangan pekerjaan.

Selanjutnya, ia menyampaikan sikap atas nama KAMMI Derah Kuningan:

1. KAMMI mendesak pemerintah untuk serius mengelola ekspor impor. Terutama memberikan nilai tambah pada produk ekspor Indonesia. Dan melakukan peninjauan kembali terhadap pembangunan insfrastruktur yang mana bisa ditunda untuk menahan laju impor.

2. KAMMI mendesak pemerintah untuk mendalami pasar dengan mendorong lebih banyak sumber pembiayaan dari investor lokal demi menekan pembiayaan dari eksternal.

3. KAMMI mendesak pemerintah untuk mengambil alih Tambang mineral yang sudah habis masa kontraknya dan di kelola oleh BUMN, minimal olah menjadi bahan baku untuk industri.

4. KAMMI mengajak seluruh elemen masyarakat dari kalangan mahasiswa, dan lain-lain untuk saling bersinergi menekan pemerintah agar mengindahkan suara rakyat kecil yang mendapat imbas atas merosotnya nilai tukar rupiah.

5. KAMMI menginstruksikan kepada seluruh kader dan pengurus di tingkat Komisariat dan Daerah untuk menggelar aksi #SaveRupiah di daerah masing-masing.

Demikian pernyataan sikap ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia!

Kuningan, 09  September 2018

Ketua Umum PD KAMMI Kuningan 


Yogi Iskandar, S.Pd


Dapatkan info terkini:

0 Response to "Dollar Meroket, KAMMI Kuningan Demo"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus