Membaca Hasil Deklarasi Capres- Cawapres


Oleh: Agus Widiarto
Direktur CHIPS

Rasa penasaran publik terjawab sudah. Jokowi sudah deklarasikan cawapresnya  KH Ma'ruf Amin saat Magrib, dan Prabowo pun sudah mendeklarasikan cawapresnya, Sandiaga salahudin Uno jelang tengah malam. Hasil ijtima ulama dipandang sbg faktor yg mengakselerasi proses politik deklarasi.

Sy jd berfikir, apakah jokowi terpancing oleh hasil ijtima ulama sehingga menggandeng KH Ma'ruf Amin dan terjebak ke isu primordial. Sementara, Isu yang berkembang lbh banyak ke persoalan ekonomi. Dipilihnya Sandi menjadi representasi isu ekonomi yg bs ditangkap millenial yg jumlahnya 40% dr jumlah pemilih.

Dibutuhkan 'endurance' yg cukup dlm rentang waktu satu tahun ke depan. Vitalitas Sandi yg muda dan ganteng pasti menarik perhatian kaum millenial.
Dari kubu Jokowi, KM Ma'ruf Amin mungkin dipersepsikan sbg sosok yg kalem dan lembut. Perlu kerja ekstra untuk menarik pemilih millenial. Jika vis a vis Ma'ruf Amin vs Sandi Uno, magnit elektoral lebih mungkin ke Sandi. Apalagi, latar belakang pengusaha menjadi modal bagi Sandi untuk melakukan komunikasi dgn pelaku bisnis.

Bagaimana halnya dgn "representasi umat"  yg dihasilkan lewat ijtima ulama?
Politik adalah wilayah ijtihadiah. Penuh strategi di dalamnya.

Jika hasil ijtima ulama adalah faktor yg mempengaruhi proses penentuan cawapres, maka pembatalan secara tiba2 Mahfud MD sbg cawapres Jokowi dan diganti KH Ma'ruf Amin dapat dibaca  sbg respon Jokowi dan koalisinya.

Kekosongan komunikasi Jokowi dgn ulama dan memiliki catatan kurang baik dgn umat Islam  cb ditutup dgn menghadirkan Ma'ruf Amin. Tapi satu hal yg dilupakan oleh Jokowi, magnet isu primordial keagamaan tdk familiar di kalangan millenial. Karakteristik millenial bersifat open minded, melek teknologi, dan cenderung praktis dalam menghadapi masalah. Itu dimiliki oleh Sandi dan bisamenjadi representasi cara berfikir millenial.

Jika memang pasangan ini resmi sbg pasangan yg didaftarkan ke kpu, nature kedua kubu akan menampilkan karakter yg memiliki keunikan sendiri. Kubu jokowi akan dinilai sbg kelompok ORANG TUA, adem, kalem dan ingin tetap #Jokowi2Periode. Sedangkan Kubu Prabowo menampilkan karakter MUDA, ganteng, enerjik dan ingin perubahan. #2019GantiPresiden

Selamat berfastabiqul khoirot memilih pemimpin bangsa.

Dapatkan info terkini:

0 Response to "Membaca Hasil Deklarasi Capres- Cawapres "

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus